Cara Meredakan Asam Lambung
blog

Cara Meredakan Asam Lambung

Tubuh menggunakan asam lambung untuk mencerna makanan. Ada kalanya jumlah asam lambung menjadi berlebih, sehingga berkemungkinan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain mengubah gaya hidup, berbagai bahan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala asam lambung Anda.

Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).  Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam/pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Penyebab pasti melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung belum diketahui secara jelas, tetapi ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena GERD, di antaranya:

    -Kondisi medis tertentu, seperti esofagitis (radang esofagus), gastritis (peradangan pada dinding lambung), dan gastroparesis (perlambatan gerakan lambung).

   – Kelainan bawaan pada lambung, seperti hernia hiatus dan gastroschisis.

    -Kelebihan berat badan ataupun obesitas.

    -Infeksi bakteri H. pylori.

    -Merokok

    -Efek samping obat tertentu, seperti aspirin.

    -Konsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti makanan berlemak, coklat, kopi, dan alkohol dalam jumlah banyak.

Cara mengobati asam lambung yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti antasida, cimetidine, atau ranitidin. Selain itu, terdapat beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk meredakan asam lambung, di antaranya:

1. Konsumsi melon dan pisang

Pisang memiliki tingkat pH 5,6 yang sangat bagus untuk meringankan gejala penyakit asam lambung. Meski begitu, kemampuan pisang ini tidak berlaku untuk semua penderita asam lambung, karena pada beberapa kasus ada beberapa orang yang penyakit asam lambungnya justru memburuk setelah mengonsumsi pisang.

Selain pisang, melon juga memiliki tingkat pH 6,1 yang baik untuk penderita asam lambung. Seperti halnya pisang, pada beberapa kasus melon juga membuat penderita merasakan tidak nyaman akibat mengonsumsi buah ini.

2. Konsumsi sayuran hijau

Cara mengobati asam lambung berikutnya adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti selada, kol, brokoli dan mentimun. Sayuran hijau termasuk sayuran yang rendah lemak dan rendah gula, sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi asam lambung.

3. Konsumsi daging tanpa lemak

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit asam lambung dan gemar mengonsumsi daging, sepertinya Anda harus mengonsumsi daging ikan, ayam atau sapi dengan cara dipanggang atau dikukus untuk mengurangi gejala asam lambung.

4. Lidah Buaya, jahe dan adas

Jahe dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang dipercaya menjadi salah satu pilihan makanan terbaik untuk meredakan gejala penyakit asam lambung. Semenatara, Adas dengan pH 6,9 juga dipercaya bagus untuk penderita penyakit asam lambung karena dapat meningkatkan fungsi lambung. Sedangkkan, lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman herbal untuk menangani gejala penyakit asam lambung.

Selain bisa di atasi dengan beberapa makanan seperti di atas, cara mengobati asam lambung juga bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup yaitu dengan:

5. Makan lebih teratur

Cara mengobati asam lambung selanjutnya adalah dengan memiliki pola makan yang teratur. Perlu Anda ketahui bahwa penyebab terbanyak naiknya asam lambung karena seseorang memiliki pola makan yang tidak teratur. Oleh karenanya, usahakan untuk memiliki waktu makan yang sama setiap harinya.

Selain itu, untuk mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dua jam sebelum tidur.

6. Mengatur porsi makan

Setelah Anda mampu mengatur waktu makan yang sama setiap hari, cara mengobati asam lambung lainnya adalah dengan memperhatikan porsi makan. Makan dalam porsi besar dapat memicu refluks asam lambung. Guna menghindari rasa lapar, sebaiknya Anda sering makan tapi dalam porsi kecil.

7. Menghindari kebiasaan yang tidak sehat

Langsung berbaring setelah makan dan merokok adalah kebiasaan yang dapat menyembabkan asam lambung naik kerongkongan. Agar asam lambung tidak meningkat, Anda harus menghindari kebiasaan tersebut. Jika Anda ingin berbaring, usahakanlah memberi jeda waktu 3 jam setelah makan.

8. Mengunyah makanan dengan benar

Meski mengunyah makanan adalah sesuatu yang sering kali disepelekan, ternyata hal ini bisa memberi pengaruh pada asam lambung. Apabila Anda mengunyah makanan dengan baik, hal itu dapat membantu enzim pencernaan mengolah makanan lebih mudah, di mana hal ini mengurangi asam lambung meningkat.

9. Hindari penggunaan pakaian yang ketat di bagian perut

Cara mengobati asam lambung yang satu ini bisa digunakan apabila Anda sering berpakaian ketat di bagian perut. Ketatnya pakaian ini menekan lambung sehingga bisa menyebabkan isi lambung naik ke kerokongan dan bisa menyebabkan muntah.

10. Waktu istirahat yang baik

Refleks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. Perbaiki waktu tidur Anda agar kondisi lambung tetap terjaga. Penyakit ini bisa menjadi kronis dan menurunkan kualitas hidup apabila tidak ditangani dengan cepat.

Asam lambung dapat terpicu apabila tubuh memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. Perbaiki waktu tidur Anda agar kondisi lambung tetap terjaga. Penyakit ini bisa menjadi kronis dan menurunkan kualitas hidup apabila tidak ditangani dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *