Berbagai Macam Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan
blog

Berbagai Macam Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Rumput laut kerap kali dianggap sebagai pelengkap dari sajian minuman dingin. Padahal, rumput laut adalah salah satu makanan yang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Apa saja manfaat rumput laut yang bisa didapatkan?

Sebelum Anda mengetahui khasiat rumput laut, Anda juga harus tahu kandungan apa saja yang terdapat di rumput laut. Rumput laut rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, kalsium, folat, zat besi, yodium, kalium, sodium, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi.

Selain itu, rumput laut juga mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, K, kolin dan fosfor meski dalam jumlah sedikit.

Berikut adalah manfaat rumput yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mendukung fungsi kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan proses perbaikan sel yang rusak pada tubuh. Beberapa jenis rumput laut, seperti nori, wakame dan kelp memiliki kandungan yodium yang tinggi sebagai salah satu mineral yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tersebut.

Selain itu, rumput laut juga mengandung asam amino tirosin, yang juga dibutuhkan bagi kelenjar tiroid untuk menjalankan fungsinya.

2. Sumber vitamin dan mineral yang baik

Masing-masing jenis rumput laut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Menambahkan sedikit rumput laut dalam menu makanan sehari-hari tidak hanya menambahkan cita rasa dan tekstur pada makanan Anda, namun juga merupakan cara yang baik untuk menambah asupan vitamin dan mineral.

Rumput laut mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta asam folat, zink, natrium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, rumput laut juga dapat menjadi sumber yang baik untuk lemak omega-3 dan vitamin B12. Protein yang terkandung pada beberapa jenis rumput laut, seperti spirulina dan chorella, juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Mengandung berbagai antioksidan

Antioksidan dapat membantu menurunkan reaktivitas dari radikal bebas, yakni zat tidak stabil yang terdapat pada tubuh. Produksi radikal bebas yang berlebih merupakan penyebab terjadinya beberapa jenis penyakit tertentu.

Dengan konsumsi rumput laut, kemungkinan terjadinya kerusakan sel menjadi lebih rendah. Beberapa komponen tertentu yang terkandung pada rumput laut seperti flavonoid dan karotenoid, diketahui dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Sumber baik dari serat dan polisakarida

Rumput laut memiliki kandungan serat dalam jumlah tinggi, yang diketahui dapat menunjang kesehatan saluran cerna. Selain itu, polisakarida pada rumput laut juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna.

5. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Salah satu penelitian yang dilakukan selama 8 minggu pada hewan percobaan menunjukkan bahwa konsumsi rumput laut dapat menurunkan kadar kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, serta trigliserida dengan proporsi yang cukup bermakna. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hasil penelitian tersebut.

6. Meningkatkan libido

Khasiat rumput laut juga dipercaya bisa meningkatkan kadar libido dalam tubuh. Disamping membuat gairah bersama pasangan menjadi lebih baik, rumput laut juga diklaim mampu membuat tingkat kesuburan seseorang meningkat dengan signifikan.

7. Menjaga kesehatan tulang

Karena rumput laut kaya akan kalsium dan magnesium, tentunya hal itu baik untuk membuat tulang menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko terkena osteoporosis sejak dini.

Karena rumput laut kaya akan kalsium dan magnesium, tentunya hal itu baik untuk membuat tulang menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko terkena osteoporosis sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *